Minggu, 11 Desember 2011

                                                          BERITA BATAM

teman-teman,patut di perhatikan nih :D

Liputan6.com, Batam: Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) kembali mengamankan 60 TKI nonprosedural atau tak berdokumen resmi alias ilegal di Batam, Kepulauan Riau, Ahad (11/12). Mereka berasal dari berbagai daerah seperti Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Mereka diamankan begitu tiba di Bandara Internasional Hang Nadim, Kota Batam.

Kasudit Pencegahan TKI Ilegal Direktorat Pengamanan BNP2TKI Kombes Pol Yunarlim Munir mengatakan operasi yang dilakukan sejak Sabtu kemarin dan hari ini berhasil mengamankan 154 TKI nonprosedural dengan tujuan Malaysia. Bahkan, dari Malaysia ada yang diberangkatkan kembali ke beberapa negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Mesir, Yordania dan Suriah. "Kami akan terus melakukan razia TKI nonprosedural di Batam dan daerah lainnya," kata dia.

Dari 154 TKI yang diamankan, sebanyak 20 orang di antaranya sudah memiliki paspor. Kepada mereka yang memiliki dokumen berupa paspor jika masih tertarik untuk bekerja ke Malaysia akan diberikan KTKLN secara gratis. Sementara pada razia hari ini, petugas menemukan 15 TKI berdokumen paspor.

Dia menambahkan, ratusan TKI nonprosedural ini rencananya akan dibuatkan paspor di Tanjungpinang oleh para agen perorangan di Batam. BNP2TKI nantinya akan bekerja sama dengan kantor Imigrasi, kependudukan dan kepolisian di mana TKI berangkat.

Dengan kepolisian, katanya, akan ditelesuri lebih lanjut peran calo yang memberangkatkan mereka. Dengan Imigrasi akan diperkuat pengawasan terhadap pembuatan paspor bagi TKI nonprosedural di Batam dan dengan kependudukan untuk pemalsuan dokumen kartu tanda penduduk.(ADO)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar